Monday, August 25, 2014

Profesi di bidang TI dan pengembangan WEB, Sejarah dan cara kerja WEB, Alur pengembangan WEB dan Perangkat pengembang WEB

1. JENIS – JENIS PROFESI DI BIDANG IT
    
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 3 kelompok sesuai bidangnya.
a.    Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak ( software ), baik mereka yang merancang system operasi,database maupun system aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
Sistem analis, merupakan orang yang abertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.


Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
b.    Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras ( hardware ). Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
c.    Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.
Mis Director, merupakan orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah system informasi, melakukan manajemen terhadap system tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.
            2. Sejarah web dimulai pada bulan maret 1989. Ketika itu, tim Berner-Lee yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan nama CERN (Consel European pour la Recherece Nuclaire) yang berada di Geneva, Swiss, mengajukan protocol (suatu tata cara untuk komuniksi di antara para fasi) system distribusi informasi internet yang digunakan untuk berbagai informasi diantara para fisikawan. Protocol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protocol World Wide Web dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). W3C sendiri merupakan konsorsium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web. 
                CARA KERJA WEBSITE
·         pengunjung mengetikkan alamat website yang ingin di kunjungi
·         melalui jaringan internet,pengunjung melakukan request alamat
·         registar adalah perusahaan tempat nama nya yang terdaftar,register memerintahkan DNS server untuk mencari alamat nya
·         DNS server menentukan alamat dan memerintahkan hosting server untuk memberikan sebuah file-file yang akan di minta oleh para pengunjung
·         pada file-file yang di berikan oleh hosting server di terima dan di terjemahkan oleh web browser
3. Dalam membangun sebuah web, ada beberapa alur kerja yang perlu Anda pelajari, khususnya untuk Webster pemula. Di antaranya:
Sketsa website. Ketika mencoba membangun sebuah website, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sketsa website manual. Hal ini adalah awal dari terbentuknya ide dan konsep  yang menjadi acuan dalam pengerjaan website. Membuat sketsa manual berfungsi menampung segala ide-ide, karena tak semua desainer mampu menuangkan idenya secara langsung ke dalam software desain. Oleh karena itu, konsep dalam pembuatan website juga akan menjadi lebih matang. Tetapi sayangnya langkah penting ini sering dilupakan oleh kebanyakan orang.
Mendesain di photoshop. Setelah merampungkan sketsa manual, hal selanjutnya yang harus  dilakukan adalah dengan memindahkan sketsa manual ke dalam sebuah software pengolahan gambar seperti photoshop. Di tahap ini Anda bisa membentuk sketsa manual dengan bentuk yang lebih nyata. Anda bisa memainkan warna, ikon dan layout terhadap website yang sedang Anda kerjakan. Jangan lupa untuk menambahkan grid agar layout tersusun secara rapi dan terlihat konsisten.
Melakukan Coding. Tahap ini adalah tahap yang tidak mudah bagi seorang desainer web. Tidak sedikit orang yang mengalami bug and fixing pada tahapan ini. Coding adalah aktifitas di mana desain yang telah Anda buat menjadi codeable untuk kemudian bisa tampil di dalam website. Ada tiga macam istilah yang berkenaan dengan coding yakni HTML, CSS, dan PHP. Pengerjaan coding memakan waktu yang tidak sedikit dan agak terbilang sulit karena Anda diharuskan menghafalkan kode-kode. Seseorang desainer tidak dituntut untuk bisa melakukan coding, tetapi setidaknya paham tentang coding dan akan lebih baik lagi jika bisa mempraktekannya sendiri.
Menyesuaikan browser dan device. Ketika semua proses pengerjaan website selesai, jangan lupa menyesuaikan website dengan browser. Setiap software memiliki pengaturan berbeda tentang website, oleh karena itu banyak ditemui website yang terlihat bagus di satu browser tetapi ketika dibuka di lain browser tampilannya akan berbeda. Selain itu juga perlu diterapkan sistem web responsive, yaitu  kemampuan website menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Misalnya tampilan website di PC dengan mobile (tablet/HP) disesuaikan, pengunjung tak perlu repot lagi melakukan scroll ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian menggunakan web responsive berfungsi mempermudah dan akan lebih memanjakan pengunjung.
                4. Perangkat Pengembangan aplikasi WEB
       Perangkat Keras
ü  Komputer Utama
ü  Memori tambahan
ü  Monitor besar
ü  Scanner / Camera Digital
ü  Komputer kedua
ü  Smart Phone
ü  Mouse
       Perangkat Lunak
ü  Web Page Authoring
Ø  Software seperti  desktop  publishing  tetapi  format yang dihasilkan  adalah halaman web.
ü  HTML Editor
Ø  TextPad (Windows saja)
Ø  Text Sublime (Windows, Mac, Linux)
Ø  Coda oleh Panic (Mac)
Ø  Textmate oleh MacroMates(mac)
Ø  BBEdit (Mac)
ü  Aplikasi Editing gambar
Ø  Photoshop
Ø  Photoschape
Ø  Adobe Photoshop Express
Ø  PC Image Editor
Ø  dll
ü  Aplikasi Internet
Ø  Windows : IE, Chrome, Firefox, Safari, Opera
Ø  Macintosh : Safari,Chromer, Firefox, Opera
Ø  Mobile : Mobile Safari, Android Browser, BB Browser, Nokia Series dll
ü  Aplikasi Trasfer file
Ø  Windows : WS_FTP, CuteFTP, AceFTP, Fillezilla
Ø  Macintosh : Transmit, Cyberduck, Fetch


Kesimpulan: Pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 3 kelompok sesuai bidangnya. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak ( software ), baik mereka yang merancang system operasi,database maupun system aplikasi,  Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras ( hardware ), dan Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi. Sejarah web dimulai pada bulan maret 1989. Cara kerja WEB pengunjung mengetikkan alamat website yang ingin di kunjungi, melalui jaringan internet,pengunjung melakukan request alamat, registar adalah perusahaan tempat nama nya yang terdaftar,register memerintahkan DNS server untuk mencari alamat nya, DNS server menentukan alamat dan memerintahkan hosting server untuk memberikan sebuah file-file yang akan di minta oleh para pengunjung, pada file-file yang di berikan oleh hosting server di terima dan di terjemahkan oleh web browser. beberapa alur kerja yang perlu Anda pelajari yaitu: Sketsa website, mendesain di photoshop, melakukan Coding, dan menyesuaikan browser dan device. Perangkat pengembang web terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.

No comments:

Post a Comment